Home > Artikel Pendidikan, Pengajaran dan Pendidikan > STRATEGI PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL

STRATEGI PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL


CTL merupakan strategi yang melibatkan seswa secara penuh dalam proses pembelajarannya. Siswa didorong ntuk beraktifitas mempelajari materi pelajaran sesuai dengan topik yang akan dipelajarinya. Belajar dalam konteks CTL adalah proses pengalaman secara langsung..

A. Konsep Dasar Strategi Pembelajaran Kontekstual

Contextual teaching and Learning (CTL) adalah suatu strategi pembelajaran yang menekankan kepada proses keterlibatan siswa secara penh ntuk dapat menemukan materi yang dipelajari dan menghubungkannya dengan situasi kehidupan nyata sehingga mendorong siswa untuk dapat menerapkannya dalam kehidupan mereka.

Ada tiga hal yang harus dipahami. Pertama CTL menekankan kepada proses keterlibatan siswa untuk menemukan materi, kedua CTL mendorong agar siswa dapat menemukan hubungan antara materi yang dipelajari dengan situasi kehidupan nyata, ketiga mendorong siswa untuk dapat menerapkan dalam kehidupan.

Terdapat lima karakteristik penting dalam proses pembelajaran yang menggunakan pendekatan CTL.

  1. Pembelajaran merupakan proses pengaktifan pengetahuan yang sudah ada (activating knowledge)
  2. Pembelajaran ntuk memperoleh dan menambah pengetahuan baru (acquiring knowledge)
  3. Pemahaman pengetahuan (understanding knowledge)
  4. Mempraktikan pengetrahuan dan pengalaman tersebut (applying knomledge)
  5. Melakukan refleksi (reflecting knowledge)

B. Latar Belakang Filosofi dan Psikologis CTL

1.   Latar belakang Filosofis

CTL banyak dipengarhi oleh filsafat konstruktivisme yang mulai digagas oleh Mark Baldwin dan selanjutnya dikembangkan oleh Jean Piaget. Piaget berpendapat, bahwa sejak kecil setiap anak sudah memiliki struktur kognitif yang kemudian dinamakan “skema”. Skema terbentuk karena pengalaman, dan proses penyempurnaan skema itu dinamakan asimilasi dan semakin besar pertumbuhan anak maka skema akan semakin sempurna yang kemudian disebut dengan proses akomodasi.

Pendapat Piaget tentang bagaimana sebenarnya pengetahuan itu terbentuk dalam struktur kognitif anak, sangat berpengaruh terhadap beberapa model pembelajaran, diantaranya model pembelajaran kontekstual.. menurut pembelajaran kontekstual, pengetahuan itu akan bermakna manakala ditemukan dan dibangun sendiri oleh siswa.

2.   Latar belakangPsikologis

Dipandang dari sudut psikologis, CTL berpijak pada aliran psikologis kognitif. Menurut aliran ini proses belajar terjadi karena pemahaman individu akan lingkungan. Belajar bukanlah peristiwa mekanis seperti keterkaitan stimulus dan respon. Belajar melibatkan proses mental yang tidak tampak seperti emosi, minat, motivasi, dan kemampuan atau pengalaman.

Ada yang perlu dipahami tentang pbelajar dalam konteks CTL.

  1. Belajar bukanlah menghafal, akan tetapi proses mengkontruksi pengetahuan sesuai dengan pengalaman yang mereka miliki
  2. Belajar bukan sekedar mengumnpulkan fakta yang lepas-lepas.
  3. Belajar adalah proses pemecahan masalah
  4. Belajar adalah proses pengalaman sendiri yang berkembang dari yang sederhana menuju yang kompleks
  5. Belajar pada hakikatnya adalah menangkap pengetahuan dari kenyataan.

C. Perbedaan CTL dengan Pembelajaran Konvensioanal

NO

Perbedaan CTL dengan Pembelajaran Konvensioanal

CTL

Pembelajaran Konvensional

1 Siswa sebagai subjek belajar Siswa sebagai objek belajar

2.

Siswa belajar melalui kegiatan kelompok Siswa lebih banyak belajar secara individu

3.

Pembelajaran dikaitkan dengan kehidupan nyata Pembelajaran bersifat teoritis dan abstrak

4

Kemampuan didasarkan atas pengalaman Kemampuan diperoleh dari latihan-latihan

5

Tujuan akhir kepuasan diri Tujuan akhir nilai atau angka
6 Prilaku dibangun atas kesadaran Prilaku dibangun oleh factor dari luar

7

Pengetahuan yang dimiliki individu berkembang sesuai dengan pengalaman yang dialaminya Pengetahuan yang dimiliki bersifat absolute dan final, tidak mungkin berkembang.

8

Siswa bertanggungjawab dalam memonitor dan mengembangkan pembelajaran Guru penentu jalannya proses pembelajaran

9

Pembelajaran bisa terjadi dimana saja Pembelajaran terjadi hanya di dalam kelas

10

Keberhasilan pembelajaran dapat diukur dengan berbagai cara Keberhasilan pembelajaran hanya bisa diukur dengan tes

D. Peran Guru dan Siswa dalam CTL

Setiap siswa mempunyai gaya yang berbeda dalam belajar. Perbedaan yang dimiliki siswa tersebut dinamakan sebagai unsure modalitas belajar. Menurut Bobbi Deporter ada tiga tipe gaya belajar siswa, yaitu tive visual, auditorial dan kinestis.

Tipe visual adalah gaya belajar dengan cara melihat, sedang tipe auditorial adalah tipe belajar dengan cara menggunakan alat pendengarannya, dan tipe kinestetis adalah tipe belajar dengan cara bergerak.

Sehubungan dengan hal itu, terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan bagi setiap guru manakala menggunakan pendekatan CTL.

  1. Siswa harus dipandang sebagai individu yang sedang berkembang
  2. setiap anak memiliki kecenderungan untuk belajar hal-hal yang baru dan penuh tantangan
  3. belajar bagi siswa adalah proses mencari keterkaitan atau keterhubungan antara hal-hal yang baru dengan hal-hal yang sudah diketahui
  4. belajar bagi anak adalah proses penyempurnaan skema yang telah ada.

E.   Asas-Asas CTL

CTL sebagi suatu pendekatan pembelajaran memiliki 7 asas. Asas-asas ini yang melandasi pelaksanaan proses pembelajaran dengan menggunakan pendekatan CTL

1. Konstruktivisme

Adalah proses pembangunan baru dalam struktur kognitif siswa berdasarkan pengalaman.

2. Inkuiri

Adalah proses pembelajaran didasarkan pada pencarian dan penemuan melalui proses berfikir secara sistematis. Proses inkuiri dilakukan dalam beberapa langkah:

  1. Merumuskan masalah
  2. Mengajukan hipotesis
  3. Mengumpulkan data
  4. Menguji hipnotis berdasarkan data yang ditemukan
  5. Membuat kesimpulan

3. Bertanya (Questioning)

Belajar pada hakikatnya adalah bertanya dan menjawab pertanyaan. Bertanya dapat dipandang sebagai refleksi dari keingintahuan setiap individu; sedangkan menjawab pertanyaan mencerminkan kemampuan seseorang dalam berfikir.

Dalam suatu pembelajaran yang produktif kegiatan bertanya akan sangat berguna untuk:

a)      menggali informasi dan kemampuan siswa dalam penguasaan materi pelajaran

b)      membangkitkan motvasi siswa untuk belajar

c)      merangsang keingintahuan siswa terhadap sesuat

d)      memfokuskan siswa pada suatu yang diinginkan

e)      membimbing siswa untuk menemukan atau menyimpulkan sesuatu

4. Masyarakat Belajar (Learning Community)

Konsep Masyarakat Belajar (Learning Community) dalam CTL menyarankan agar hasil pembelajaran diperoleh melalui kerjasama dengan orang lain. Dalam kelas CTL, asas ini dapat dilakukan dengan menerapkan pembelajaran melalui kelompok belajar.

5. Pemodelan (Modeling)

Merupakan proses pembelajarn dengan memperagakan sesuatu sebagai conto yang dapat ditiru oleh setiap siswa.

6. Refleksi (Reflection)

Merupakan proses pengendapan pengalaman yang telah dipelajari yang dilakukan dengan cara mengurutkan kembali kejadian-kejadian atau peristiwa pembelajaran yang telah dilalui.

  1. 7. Penilaian Nyata (Authentic Assessment)

Adalah proses yang dilakukan guru untuk mengumpulkan informasi tentang perkembangan belajar yang dilakukan siswa.

F.   Pola dan Tahapan Pembelajaran CTL

a. Pola Pembelajaran Konvensional

untuk mencapai tujuan kompetensi, guru menerapkan strategi pembelajaran sebagai berikut:

  • Siswa disuruh untuk membaca buku tentang pasar
  • Guru menyampaikan materi pelajaran
  • Guru memberikan kesempatan pada siswa untk bertanya
  • Guru mengulas pokok-pokok materi pelajaran  yang telah disampaikan dan dilanjutkan dengan kesimpulan
  • Guru melakukan post-tes
  • Guru menugaskan kepada siswa untuk membuat karangan sesuai dengan tema “pasar”

Model pembelajaran diatas jelas bahwa sepenhnya ada pada kendali guru.

b. Pola Pembelajaran CTL

untuk mencapai tujuan kompetensi, guru menerapkan strategi pembelajaran sebagai berikut:

  1. Pendahuluan
  2. Inti
  3. Penutup

Pada CTL untuk mendapatkan kemampuan pemahaman konsep, anak mengalami langsung dalam kehidupan nyata di masyarakat. Kelas bukanlah tempat untuk mencatat atau menerima informasi dari guru, akan tetapi kelas digunakan untuk saling membelajarkan. Untuk itu ada beberapa catatan dalam penerapan CTL sebagai suatu strategi pembelajaran, yaitu sebagai berikut:

  1. CTL adalah model pembelajaran yang menekankan pada aktivitas siswa secara penuh, baik fisik maupun mental.
  2. CTL memandang bahwa belajar bukan menghafal, akan tetapi proses berpengalaman dalam kehidupan nyata.
  3. Kelas dalam pembelajaran CTL bukan sebagai tempat untuk memperoleh informasi, akan tetapi sebagai tempat untuk menguji data hasil temuan mereka di lapangan.

Materi pelajaran ditemukan oleh siswa sendiri, bukan hasil pemberian dari orang lain

About these ads
  1. March 12, 2010 at 4:44 pm | #1

    tulisan ini sangat bermanfaat. thanks.

    • Rosalini fenni nasution
      April 29, 2012 at 7:58 pm | #2

      tulisan ini sangat bermanfaat bt skripsi fenyyy

  2. March 18, 2010 at 10:19 am | #3

    thanks, bgt, tulisan ni byk membantu buat bhn menulis

  3. rahma
    April 10, 2010 at 10:29 am | #5

    bagus banget tulisannya, bisa minta referensinya?

  4. fathul
    November 22, 2010 at 7:56 am | #6

    makasih

  5. yuni
    November 26, 2010 at 12:17 pm | #7

    ADa contoh skema pembelajaran CTL yang telah dilakukan di sklh gk pak? blh lht cnthnya???

  6. January 17, 2011 at 10:09 am | #8

    strategi yang tepat untuk diterapkan dalam pembelajaran kontekstual itu apa ja ya..,

  7. ina
    January 6, 2012 at 12:07 pm | #9

    Terimakasih ilmunya..Semoga semakin diberkahi…^_^

  8. abi
    March 17, 2012 at 6:12 am | #10

    makci buat referensix

  9. yumi orya
    September 28, 2012 at 6:44 pm | #11

    referensinya dari mana aja ya?

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 90 other followers

%d bloggers like this: