Home > Pendidikan Agama Islam > Logika Pandangan Al-Farabi

Logika Pandangan Al-Farabi


DALAM bukunya Ihsa’al ‘Ulum (Katalog IlmuPengetahuan) al-Farabi mengatakan bahwa logika pada umumnya memberikan kaidah‑kaidah yang kalau diikuti bisa meluruskan pikiran dan membimbing manusia pada jalan yang tepat menuju kebenaran dan menjauhkan diri dari terjebak ke dalam jurang kesalahan. Logika, menurut hematnya, membantu kita dalam membedakan yang benar dari yang salah dan menunjukkan cara berpikir yang benar atau membantu kita dalam membimbing orang lain ke arah itu.

Logika juga menunjukkan tempat beranjak pemikiran kita dan bagaimana melakukannya sedemikian rupa sehingga mampu mencapai kesimpulan akhir. Menurut al-Farabi, logika bukanlah barang hiasan yang tidak perlu, seperti yang sering dikatakan, karena logika tidak pernah akan bisa digantikan dengan bakat alamiah.

Selanjutnya al-Farabi membandingkan hubungan antara logika dan “ma’qlat” (entitas-entitas spiritual) dengan tata bahasa dan kata-kata. Namun ada juga perbedaannya, karena sementara tatabahasa hanya berhubungan dengan kata-kata, logika berhubungan dengan “makna”. Logika dikaitkan dengan kata-kata hanya sejauh kata-kata itu merupakan perwujudan daripada makna. Selain itu, sementara tata bahasa memberi perhatian pada kaidah-kaidah bahasa yang berbeda-beda, seperti perbedaan bangsa dan ras, logika menaruh perhatian pada pikiran manusia yang selalu sama di mana saja mereka berada.

Al-Farabi sangat menekankan aspek-aspek praktis dari logika dan aplikasinya, memberi petunjuk bahwa ma’qulat perlu diuji melalui kaidah-kaidah logika, seperti halnya dimensi, volume dan massa, perlu diuji dengan ukuran.

  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: