Home > Artikel Pendidikan, Pengajaran dan Pendidikan > Anak Sebagai Sumber Kurikulum

Anak Sebagai Sumber Kurikulum


Di samping masyarakat/kebudayaan dan pengetahuan, kebutuhan dan minat anak juga merupakan sumber penting bagi penentuan bahan pelajaran. Tiap kurikulum harus memperhatikan anak. Berapa banyak perhatian itu bergantung pada kedudukan dan peranan yang diberikan kepadanya.

Dalam kurikulum yang bersifat child-centered anak itu merupakan sumber utama sedangkan dalam kurikulum yang society-centered peranan anak minimal, sedangkan kurikulum yang menggunakan developmental tasks diberikan peranan yang sama kepada anak dan masyarakat.

Di samping dunia pengetahuan dan masyarakat, anak juga dipandang sebagai salah satu sumber untuk menentukan apa yang akan dijadikan bahan pelajaran agar anak itu dapat

dikembangkan seoptimal mungkin. Untuk itu perlu dipelajari bagaimana anak tumbuh, berkembang dan belajar, apa kebutuhannya dan apa minatnya.

Perhatian kepada anak sebagai individu yang mempunyai hakikat tersendiri sebagai anak baru bangkit setelah Rousseau yang kemudian diperluas dan clipopulerkan oleh tokoh-tokoh pendidikan seperti Froebel, Montessori dan lain-lain. Sebelumnya anak banyak dipandang sebagai orang dewasa dalam miniatur, dalam bentuk kecil. Pakaian anak seperti orang dewasa dan daripadanya dituntut kelakuan yang sesuai dengan orang dewasa.

Lambat laun diperoleh pengakuan atas kedudukan anak sebagai manusia sepenuhnya pada setiap taraf perkembangannya, sebagai anak maupun pemuda yang harus dipertimbangkan dalam pendidikan di sekolah. Akhirnya sebagai puncak penghargaan atas pribadi anak timbullah kurikulum yang menjadikan anak sebagai sumber dan tujuan utama yang dikenal sebagai “child-centered curriculum”.

  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: