Home > Artikel Nge-blog, Blogging > Lima Kategori Model Bisnis di Internet

Lima Kategori Model Bisnis di Internet


Dari melihat dan mempelajari puluhan model bisnis di internet, saya akhirnya bisa melihat sebuah pola dan dapat membagi hampir model bisnis menjadi lima kategori besar. Jadi setiap kali ada cara/model bisnis baru yang muncul, saya bisa mengklasifikasikann ya dengan mudah, ini masuk kategori yang
mana. Ok langsung saja kita bahas masin g-masing kategori besar model bisnis di internet.

1. Sell Your Own Product adalah menjual produk Anda sendiri, baik itu hasil produksi Anda sendiri ataupun produksi orang lain yang Anda stok. Ini adalah kategori model bisnis paling awal dilakukan di internet dan saat ini merupak an kategori model bisnis yang paling populer dilakukan di internet saat ini. Produk disini bisa merupakan produk physical/berwujud ataupun produk digital/tidak berwujud seperti MP3, ringtone, softwar e, ebook,
membership/keanggotaan dan lain-lain.

2. Sell Your Own Services adalah menjual servis/jasa Anda. Ini adalah sebuah kategori model bisnis yang berkembang pesat saat ini. Umumnya yang Anda jual adalah sesuatu skill/keahlian/ketrampilan

yang Anda miliki. sedangkan yang membayar Anda adalah orang yang membutuhkan keterampilan yang Anda miliki. Sebagai contoh: jasa membuat website, jasa disain logo/banner/website, jasa menulis artikel, jasa menerjemahkan, jasa membuat ebook, jasa membuat program komputer, jasa menjadi virtual personal assistant/asisten pribadi maya, jasa virtual office, jasa melakukan SEO, jasa mengelola iklan PPC dan masih banyak jasa lagi yang dipasarkan melalui internet. Semua transaksi jasa yang saya sebutkan diatas, sama sekali tidak memerlukan tatap muka langsung antara orang yang membutuhkan jasa dengan yang menyediakan jasa.

3. Affiliate Marketing yaitu menjual atau mereferensikan produk atau jasa orang lain dengan kompensasi komisi untuk setiap transaksi penjualan yang terjadi (Pay Per Sale), untuk setiap lead/prospek yang diberikan (Pay Per Lead) atau untuk setiap klik yang dilakukan (Pay Per Click). MLM/Network Marketing yang dijalankan secara online juga ter masuk affiliate marketing yaitu memasarkan produk/jasa orang lain.

4. Contextual Advertising adalah kategori model bisnis dimana Anda membuat website dengan content/informasi yang menarik sehingga dikunjungi banyak visitor sedangkan penghasilan diperoleh dari iklan/advertising berupa iklan teks, banner atau video yang relevan dengan isi/content dari website. Jadi misalkan website Anda adalah website yang menampilkan hasil pertandingan sepakbola, maka advertising/iklan yang muncul di website Anda adalah hal-hal yang berhubungan dengan sepakbola seperti merchandise dari klub sepakbola, perlengkapan permainan sepakbola dan sejenisnya.

5. Site Flipping adalah model bisnis yang melibatkan transaksi jual beli website. Website adalah sebuah aset sehingga seperti rumah, jual beli website adalah hal yang mulai sering dilakukan. Ada orang membuat website dengan tujuan untuk dijual. Ada orang yang membeli banyak website yang punyai nilai masih rendah, lalu dipoles sehingga mempunyai nilai jual yang jauh lebih tinggi.

Sebenarnya ada beberapa cara menghasilkan uang di internet yang pernah populer seperti High Yield Investment Program (HYIP) tetapi saya tidak masukkannya sebagai model bisnis di internet, karena umumnya HYIP merupakan suatu scam/penipuan dan walaupun itu benar, HYIP lebih tergolong sebagai cara investasi bukan model bisnis di internet.

Lima kategori model bisnis yang saya sebut diatas bisa dikatakan mewakili lebih dari 95% model bisnis atau cara menghasilkan uang di internet.

  1. February 6, 2010 at 11:28 am

    memang point-point diatas sudah mencakup hampir semua jenis bisnis internet, hanya beragam dalam produk yang ditawarkan.

  2. astri
    April 26, 2012 at 12:58 pm

    ajarin dunk..gmn caranya secara detil aku mo buat website or blog y..klo tuk jualan online shop..slamani cm lewat fb doank..pengen mencakup secara global gt..mksh

  3. February 11, 2014 at 10:47 pm

    Attractive section of content. I just stumbled upon your blog and in accession capital to assert
    that I acquire actually enjoyed account your blog posts.

    Any way I will be subscribing to your augment and even I
    achievement you access consistently rapidly.

  1. May 20, 2015 at 2:40 pm

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: