Home > Artikel Pendidikan, Pengajaran dan Pendidikan > Strategi Belajar Matematika yang Baik

Strategi Belajar Matematika yang Baik


matematikaBelajar matematika ataupun belajar bidang studi yang lain, lebih mudah, lebih cepat dan menyenangkan jika disesuaikan dengan gaya belajar seseorang (baca artikel gaya belajar Disini).Gaya pembelajaran adalah cara yang paling menyenangkan dan mudah dalam menyerap subuah informasi. setiap manusia memiliki gaya belajar yang unik, setiap manusia memiliki kekuatan tersendiri, gaya tersebut khas sebagaimana tanda tangan.

sekarang dari segi kemampuan kognisi, piaget, seseorang ahli pendidikan, membagi perkembangan kemampuan kognisi menjadi beberapa tahap berdasarkan usia:

  1. 0 – 2 tahun tahap sensori motor
  2. 2 – 7 tahun tahap pra operasi
  3. 7 – 12 tahun tahap operasi kongkret
  4. 12 – dewasa tahun tahap operasi formal

jadi, saat anak masih di sekolah dasar, usia 7 – 12 tahun, materi pelajaran harus bersifat kongkret, bukan abstrak. khusus di bidang matematika, anak biasanya mengalami kesulitan karena materi pelajaran tanpa mengindahkan kebutuhan anak belajar secara kongkret.

coba kita lihat bagaimana anak belajar konsep angka dan jumlah. Cara yang benar adalah anak dikenalkan dengan benda kongkret , misalkan, kelereng, sendok, bola, permen, pensil dan lainnya. nah saat mengajar angka 1, 2, 3 dan seterusnya, harus ada benda dan yang bisa anak pegang dan manipulasi.

dari hal yang kongkret anak akan menangkap konsepnya, setelah itu baru kita bergeser ke yang semi abstrak, yaitu mengajarkan anak dengan menggunakan gambar, contohnya dengan kartu. setelah itu mulai lagi kita bergeser dengan yang abstrak, yaitu dengan menggunakan angka. jadi dari segi kemampuan kognisinya proses belajar yang baik adalah dari kongkret ke semi abstrak lalu ke abstrak.

bersambung yaaa….

  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: