Home > Artikel Pendidikan, Pengajaran dan Pendidikan > Teknik-Teknik Mengingat Yang Menyenangkan dalam Belajar

Teknik-Teknik Mengingat Yang Menyenangkan dalam Belajar


teknik mengingatTeknik-Teknik Mengingat Yang Menyenangkan dalam Belajar yaitu menciptakan hubungan mental yang mengandung hal-hal berikut:

1. Pengindraan

otak lebih mudah mengingat benda yang dapat ditangkap pancaindra seperti: penglihatan, pendengaran, dapat disentuh, beraroma dan dapat dicecap.

2. Gerakan

Otak lebih mudah mengingat benda-benda yang bergerak-gerak. pada saat gambar-gambar itu bergerak, buatlah menjadi tiga dimensi. saat benda-benda itu bergerak, boleh juga ditambah ritme, semakin banyak ritme dan vareasi ritme, maka semakin jelas dan semakin mudah untuk diingat.

3. Asosiasi

otak lebih mudah mengingat benda-benda yang membentuk hubungan, tautan atau pertalian antara gagasan, ingatan atau kegiatan pancaindra dengan sesuatu yang sifatnya tetap.

4. Seksualitas

Otak lebih mudah mengingat hal-hal yang seksi atau merangsang

5. Humor

otak biasanya lebih bisa mengingat dengan hal-hal yang lucu, hal-hal yang kocak dan menggelikan

6. Imajinasi

otak suka yang tidak masuk akal, inilah sumber kekuatan dari ingatan kita, seperti kata einstein:” Imajinasi Lebih Penting dari Pengetahuan, karena pengetahuan sifatnya sementara. imajinasi mencakup segala hal, mendorong kemajuan dan melahirkan Evolusi”. makin banyak imajinasi yang diterapkan pada ingatan kita maka akan semakin baik.

7. Symbol

otak mudah mengingat symbol-symbol untuk mengepresikan sebuah ide. konsep umum yang membosankan dan abstrak dapat di ganti dengan gambaran yang lebih berarti untuk meningkatkan kemungkinan mengingat kembali.

8. Warna

Otak suka warna-warni, apa bila sesuai dan memungkinkan, gunakan seluruh warna agar gagasan-gagasan kita menjadi berwarna sehingga lebih mudah diingat.

9. Melebih-lebihkan

Otak mudah mengingat dengan hal-hal yang dilebih-lebihkan, besarkan ukuran gambar, keraskan suaranya, tonjolkan bentuknya, sehingga tingkat mengingatnya menjadi kuat.

sumber: www.menghafalcepat.com

 

 

  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: