Home > Artikel Pendidikan, Pengajaran dan Pendidikan > Alfa Keadaan Terbaik Untuk Belajar

Alfa Keadaan Terbaik Untuk Belajar


alfaPada Pertengahan 1970-an, Dr. George Lazanov melakukan percobaan mengenai keadaan terbaik untuk belajar. dia menemukan bahwa dalam Alfa zone (kondisi konsentrasi yang santai) siswa dapat belajar dengan laju yang lebih cepat. Manusia memancarkan empat keadaan kegiatan gelombang otak:

  1. Beta
  2. Alfa
  3. Tera
  4. Delta

Dalam Beta siswa merasa awas dan aktif. Teta adalah keadaan hampir tidur dan bermimpi, delta adalah keadaan tidur nyenyak tanpa mimpi.

Anda bisa membantu pelajar menjadi lebih baik dengan mengajarkan mereka cara mudah mencapai keadaan Alfa, jika mereka sedang membutuhkan konsentrasi dan fokus, misalnya saat membaca, mengerjakan soal matematika atau menulis esai.

Pertama kali anda mengajarkan siswa mencapai keadaan Alfa, perlu membimbing mereka dalam visualisasi, setelah itu, mereka harus bisa mendatangkan bayang sendiri dengan cepat. semakin sering mereka menggunkan teknik ini, semakin mudah mereka mencapai keadaan Alfa.

berikut contoh membimbing siswa untuk pertama kali mencapai keadaan Alfa, anda juga bisa menggunakan naskah ini:

Guru berbicara lambat-lambat dengan nada tenang dan santai: “Pejamkan Mata dan tarik napas dalam-dalam beberapa kali. rasakan diri kalian menjadi santai. bayangkan tempat yang membuat kalian merasa santai dan damai. barangkali kalian berada di kamar tidur, berbaring sejenak setelah pulang sekolah. atau saja bisa kalian duduk di kursi favorit di ruang keluarga, atau anda bayangkan sedang duduk santai di pantai. dengarkan suara yang keluar di tempat tersebut, bayangkan suasananya, dan benda-benda di sekitarnya”. (Biarkan suasana sunyi beberapa saat untuk menambah bayangan ini dalam fikiran mereka)

Sekarang, buka mata, bagaimana perasaan kalian? tempat apakah yang kalian bayangkan? sekarang mari kita berlatih visualisasi lagi. rasakan seakan-akan kalian berada di tempat tadi (lakukan sebentar saja)”. “Buka mata, apakah kalian bisa cepat Tiba di tempat masing-masing?”. (Silahkan ulangi latihan ini beberapa kali jika perlu.)

Setelah siswa belajar mencapai tempat damai mereka, anda tidak perlu mengulang evaluasi, bilamana menghendaki siswa berkonsentrasi penuh, lakukan langkah-langkah berikut, (hal ini di kembangkan oleh konsultan pendidikan bernama Steve Snyder)

Pertama, Atur postur mereka, minta para siswa duduk tegak, sedikit condong dengan kaki rata di lantai. selanjutnya, suruh siswa memejamkan mata, bernapas dalam-dalam, dan memikirkan tempat khusus yang mereka visualisasikan, memutar mata ke atas dan ke bawah, lalu buka mata kembali, langkah ini hanya perlu waktu sebentar. saat membuka mata, mereka harus merasa terpusat, santai dan waspada.

Sumber : Blog.menghafalcepat.com

  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: