Home > Artikel Pendidikan, Pengajaran dan Pendidikan > Perkembangan Kognitif Anak Teori Piaget

Perkembangan Kognitif Anak Teori Piaget


Perkembangan Kognitif Anak (Teori Piaget) ~  Piaget memandang  inteligensi/kecerdasan sebagai suatu proses adaptif dan menekankan bahwa adaptasi melibatkan fungsi intelektual. Menurut Piaget proses adaptasi adalah keseimbangan antara kegiatan organisme dengan kegiatan lingkungannya. Dengan demikian lingkungan dipandang sebagai suatu hal yang terus menerus mendorong organisme untuk menyesuaikan diri terhadap situasi riil, sebaliknya organisme secara konstan juga menghadapi lingkungannya sebagai suatu struktur yang merupakan bagian dari dirinya (Gunarsa, 1987; Hurlock, 1991; 1996; Soemantri, 2005; dan Santrock, 2007) Piaget mengemukakan tentang adanya tahapan/periodisasi dalam perkembangan kognitif individu. Adapun tahap-tahap/periode tersebut adalah:

klik untuk melajutkan —-> Perkembangan Kognitif Anak Teori Piaget.

  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: