Home > Artikel Pendidikan, Pengajaran dan Pendidikan > Cara berhitung Cepat – Menghitung Cepat

Cara berhitung Cepat – Menghitung Cepat


berhitung cepat tepatCara berhitung Cepat  ~ setelah kita mempelajari cara berhitung cepat di bagian pertama (klik disini), kita sekarang akan mempelajari lebih lanjut cara berhitung cepat di bagian ke 2, pada bagian ke dua ini kita akan mempelajari 5 cara berhitung cepat. berikut ulasannya:

Perkalian Dengan Penyimpanan

19 x 5 = …..
langkah I tambahkan bilangan pertama dengan 1 langkah II kalikan hasilnya dengan bilangan ke 2 hasil langkah II dikurangi dengan bilangan ke 2

19 + 1 = 20
20 x 5 = 100
100 – 5 = 95 , jadi jawabannya 95
39 x 4 = …..

langkah I tambahkan bilangan pertama dengan 1 langkah II kalikan hasilnya dengan bilangan ke 2 hasil langkah II dikurangi dengan bilangan ke 2

39 + 1 = 40
40 x 4 = 160
160 – 4 = 156

coba juga perkalian:

19 x 4
49 x 3
29 x 5
69 x 3 dst

Perkalian Dua Bilangan Tepat di Atas 100

102 x 107 = …
Jangankan anak sd yang ud smp atau sma aja masih perlu waktu berpikir dan coret sana coret sini, kadang masih salah!!! Tetapi tidak lagi! kalau memakai metode ini
102 x 107 = …

langkah 1. tulis …………………………… 1

langkah 2. jumlahkan kedua angka satuan 2 + 7 = 09 (harus 2 digit) langkah 3. kalikan kedua angka satuan 2 x 7 = 14 (harus 2 digit) langkah 4. gabungkan langkah 1,2,3 dan hasilnya 10.914

contoh lagi

104 x 109 = …
tulis ……………………………………… 1 jumlahkan kedua angka satuan 4 + 9 = 13 kalikan kedua angka satuan 4 x 9 = 36 gabungkan semuanya dan akan didapat hasilnya 11.336

Pembagian Dengan Bilangan 25

Sebetulnya banyak cara gampang untuk belajar berhitung, tapi gak tau kenapa para ahli  pelaksanaan praktis homeschoolingjustru senang dengan cara yang rumit, susah dan jlimet. mungkin karena itulah yang dulunya ilmu berhitung diganti dengan matematika (matimatian???)
600 : 25 = …

langkah 1. lakukan pembagian dengan bil 100 ……………….. 600 : 100 = 6

langkah 2. kalikan hasilnya dengan 4 ………………………….. 6 x 4 = 24

jadi hasil dari 600 : 25 = 24

Nah itukan gampang, karena contoh yg dikasih biasanya yg mudah yg angkanya pasti habis dibagi. ok coba lagi dengan yg sedikit rumit yang ada koma atau pecahannya.
120 : 25 = …

langkah 1. lakukan pembagian dengan bil 100 ……………… 120 : 100 = 1,2

langkah 2. kalikan hasilnya dengan 4 …………………. 1,2 x 4 = 4,8 hasil dari 120 : 25 = 4,8

coba hitung pembagian dengan angka 25 lainnya. misal:

110 : 25 =
80 : 25 =
900 : 25 =

Pembagian dengan pemisahan
Ini mungkin agak rumit bagi pemula! lho koq rumit sih? harusnya namanya trick dan tips itukan yang rumit dan susah jadi gampang. tenang bro dan sis, nanti di akhir gw kasih crue nya.
115 : 5 = …

langkah 1. pisahkan bilangan 115 menjadi 100 dan 15 …………. 115 = 100 + 15 ( disini letaknya yg membuat seakan jadi jlimet )

langkah 2. bagi bilangan 100 dengan 5 …………………….. 100 : 5 = 20

langkah 3. bagi bilangan 15 dengan 5 ………………………. 15 : 5 = 3

langkah 4. jumlahkan kedua hasilnya ……………………….. 20 + 3 = 23
115 : 5 = 23

satu lagi 112 : 4 = …

langkah 1. pisahkan bil 112 menjadi 100 dan 12 ……….. 112 = 100 + 12

langkah 2. bagi bilangan 100 dengan 4 ……………………. 100 : 4 = 25

langkah 3. bagi bilangan 12 dengan 4 ……………………… 12 : 4 = 3

langkah 4. jumlahkan kedua hasilnya ……………………… 25 + 3 = 28
112 : 4 = 28

Sekarang liat ini
125 : 5 =
116 : 4 =
132 : 4 =
135 : 5 =
118 : 2 =

dan inilah caranya

selalu kita simpan 100 bagi (5,4,2 dst tergantung berapa angka yg di bagi) untuk soal 1. langsung aja pikirkan 20 dan sisanya baru dihitung dan jumlahkan untuk soal 2. langsung aja pikirkan 25 dan sisanya baru dihitung dan jumlahkan begitu seterusnya.

Cara hitung cepat dengan angka 9

Contoh : 22 x 9 = 198,

( cara cepatnya 2 x 9 = 18, lalu selipkan angka 9 ditengah ), jadi jumlahnya adalah 198
simak cara cepatnya berikut ini :

33 x 9 = 297 ( cara cepat 3 x 9 = 27, selipkan 9 ditengah )
44 x 9 = 396
55 x 9 = 495
66 x 9 = 594
77 x 9 = 693
88 x 9 = 792
99 x 9 = 891

lalu bagaimana jika dengan 3 angka kembar, selipkan saja angka 99 ditengahnya. Contoh :
222 x 9 = 1998 (cara cepat 2 x 9= 18, selipkan 99 ditengah )
333 x 9 = 2997
444 x 9 = 3996
555 x 9 = 4995

Keunikan : Karena setiap bilangan sembarang jika dikalikan 9 (kelipatan 9) maka jumlah hasilnya = 9

1 x 9 = 9
2 x 9 = 18, jumlah 1 + 8 = 9
3 x 9 = 27, jumlah 2 + 7 = 9 , dst….

  1. July 15, 2014 at 7:47 am

    thnk atas ilmunya ka salam kenal.. aku juga lagi belajar mtk nih.. mtk saya selalu 0 besar😦

  2. namira
    February 4, 2015 at 8:07 pm

    makasih kakak ilmu nya🙂

    • February 24, 2015 at 10:26 am

      sama-sama

  3. Akihisa Kyoko
    August 27, 2015 at 12:02 pm

    9 ? kalau menggunakan angka lain ?

  4. muhtar yusuf
    September 3, 2015 at 7:00 pm

    Klo menghitung angka pembagian puluhan gimana ??

  5. deddy
    February 16, 2016 at 8:20 pm

    thank

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: